CONTOH
PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM
Pembelajaran
merupakan suatu sistem karena di dalamnya terdapat komponen - komponen yang
terdiri dari masukan, proses dan keluaran. dibawah ini akan dibahas sebuah
contoh pembelajaran sebagai sistem.
CONTOH
PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM
Mata Pelajaran
Fiqih semester 1 & 2 kelas XII MA
1. MASUKKAN
Komponen
masukkan terdiri dari:
Kurikulum:
Kurikulum yang
digunaka adalah kurikulum 2013 yang dikembangkan agar peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran sehingga belajar akan semakin efektif.
Peserta
Peserta dari
mata pelajaran ini ialah siswa kelas XII. Siswa kelas XII yaitu peserta didik yang telah menyelesaikan kelas X dan XI.
Instruktur (Pengajar)
Pengajar adalah orang dengan pengetahuan yang lebih dari peserta. pengajar dalam hal ini ialah guru mapel Fiqih.
Sarana dan
Prasarana
Sarana adalah segala sesuatu yang digunakan untuk membantu pembelajaran, dalam hal ini ialah : pena, buku tulis, modul, quran dan lain sebagainya. Sedangkan, prasarana adalah hal-hal yang merupakan
penunjang utama proses pembelajaran, dalam hal ini ialah : sekolah, ruang kelas, mushola/masjid dan lain-lain.
2. PROSES
Komponen proses
terdiri dari:
Materi
Materi adalah pokok bahasan yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Materi Fiqih kelas XII semester 1 & 2 terdiri dari 5 bab, yaitu:
Bab 1 : Khilafah
Bab 2 : Jihad dalam islam
Bab 3 : Sumber hukum islam
Bab 4 : Al hukmusy syar'i
Bab 5 : Kaidah ushulliyah
Metode
Metode yang
akan digunakan oleh infrastruktur (pengajar) pada mata pelajaran ini adalah:
1. Metode
konvensional (ceramah)
2. Metode
diskusi
3. Metode
demonstrasi
4. Metode
ceramah plus (tanya jawab dan diskusi serta tugas)
5. Metode
resitasi
Media
Media
pembelajaran yang akan digunakan berupa:
1. Proyektor
2. Papan Tulis
3. Film
4. Video
Evaluasi
Evaluasi digunakan untuk mengukur sejauh mana peserta didik memahami materi yang disampaikan. Adapun evaluasi yang akan diberikan berupa :
1. Memberikan
tugas harian
2. Mengadakan
ujian tengah semester, dan
3. Mengadakan
ujian akhir semester
PBP (Proses
Belajar Pembelajaran)
Proses belajar
pembelajaran dilakukan dengan menerapkan kurikulum, metode dan media yang telah
di rancang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini penting agar PBP tidak keluar konteks.
3. KELUARAN
Komponen
keluaran terdiri dari:
Peserta dengan
kompetensi tertentu
Kompetensi yang
ingin dicapai dengan adanya mata pelajaran Fiqih ini adalah:
1. Memahami konsep pemerintahan islam.
2. Memahami konsep dan penerapan jihad yang benar.
3. Memahami apa saja sumber hukum islam.
4. Memahami apa yang dimaksud hukum syar'i dan macamnya.
5. Memahami pengertian dan penerapan kaidah ushuliyah.
Sekian pembahasan kali ini, semoga dapat membantu memahami pembelajaran sebagai sistem.
Sekian pembahasan kali ini, semoga dapat membantu memahami pembelajaran sebagai sistem.
Komentar
Posting Komentar